Sabtu, 06 Februari 2010

Tiga Pertanyaan Penting

Legenda Leo Tolstoy dalam The Three Questions memberikan kepada kita tiga pertanyaan mendasar menyangkut kehidupan ini. Tiga pertanyaan itu adalah; Kapan saat yang tepat untuk melakukan hal yang tepat? Siapakah orang yang paling penting? Dan, masalah apakah yang paling penting serta membutuhkan prioritas utama?

Coba kita renungkan ketiga pertanyaan mendasar menyangkut hidup itu. Kapankah menurutmu saat yang tepat untuk melakukan hal yang tepat? Siapakah menurutmu orang yang paling penting? Dan masalah apakah menurutmu yang paling penting serta membutuhkan prioritas utama?

Legenda itu memberikan jawabannya, bahwa hanya ada satu waktu yang paling penting, yaitu saat ini. Kita tidak pernah memperoleh jaminan bahwa besok kita masih tinggal di dunia ini, kan? Sedangkan orang yang paling penting adalah seseorang yang saat ini bersama kita. Dan perbuatan paling penting adalah berbuat baik kepadanya. Keberadaannya adalah kesempatan bagi kita untuk berbuat sesuatu yang baik, yang berharga, bagi sesama kita. Tidak ada yang tahu bahwa kita akan bertemu lagi dengannya di lain hari, kan?

Berbuat baik memang tidak perlu terburu-buru. Tetapi, kita pun tak pernah tahu kapan itu akan terlambat.
 
 
;