Minggu, 20 Februari 2011

Aturan Hidup



Hidup merupakan pertukaran antara kesenangan instan dan ganjaran jangka panjang. Kehidupan kita menawarkan dua hal untuk kita pilih; “Membayar sekarang dan menikmati nanti,” atau, “Menikmati sekarang dan membayar nanti.”

Kalau kita menginginkan kesenangan, kita bisa melakukannya saat ini juga. Kita bisa menghabiskan waktu hanya untuk menonton televisi atau memutar DVD dan melupakan segala tugas yang lainnya. Tapi pada akhirnya, tugas-tugas lainnya itu akan terus menuntut kita untuk mengerjakannya.

Seorang mahasiswa, umpamanya, bisa saja menghindari tugas membuat skripsi dan mengisi waktu hanya dengan jalan-jalan dan shopping ke mall. Tetapi sekuat apa pun dia menghindari tugas itu, waktu akhirnya akan menuntutnya untuk mengerjakan tugas yang dihindarinya.

Kita bisa saja mengisi hidup saat ini dengan kenikmatan-kenikmatan yang bisa dibeli dengan uang, tetapi ketika uang yang dihamburkan itu habis, maka kita pun akan dihadapkan pada kenyataan bahwa kita harus bekerja keras untuk memperoleh uang kembali.

Sekali lagi, bayar sekarang dan nikmati nanti, atau nikmati sekarang dan bayar nanti. Pilihan selalu ada di tangan kita. Tetapi pilihan bijak tentu akan memilih untuk membayar sekarang dan menikmati nanti, karena hasil dari segala sesuatu selalu terasa lebih nikmat apabila kita telah bersusah payah terlebih dulu untuk mendapatkannya.

Kuncinya? Berdisiplin atas segala hal yang tidak kita sukai, agar kita dapat mengisi hidup dengan hal-hal yang kita sukai.


 
;