Jumat, 11 Februari 2011

Hukum Surga Pertama



Keteraturan adalah Hukum Surga yang pertama.
(Alexander Pope)

Dunia ini teratur. Sekacau-balau apa pun yang terjadi di dalamnya, semuanya berjalan secara teratur, dan dengan teratur. Keteraturan adalah salah satu prinsip dan hukum kehidupan, karena dengan keteraturan inilah Tuhan menciptakan dunia dan seisinya.

Ada orang-orang tertentu yang mengatakan bahwa dunia ini terjadi dengan sendirinya. Mereka mengatakan bahwa dunia ini, bumi ini, adalah hasil dari suatu ledakan besar yang kemudian membentuk kehidupan. Ini sama saja dengan menafikan kehadiran dan penciptaan Tuhan—seolah-olah dunia lahir dengan ketidakteraturan.

Saya sering kali membuka kamus untuk keperluan penulisan buku-buku saya. Setiap kali membuka kamus, saya sering merasa kagum dengan pola penyusunannya yang begitu rapi, teratur, alfabetis, runtut dan... sekali lagi, sangat teratur. Tetapi tentu kamus yang begitu teratur itu tidak tercipta dengan sendirinya.

Karenanya, mengatakan bahwa tidak ada sumber kecerdasan dan kekuatan yang kita sebut sebagai Tuhan, adalah seperti mengatakan bahwa buku kamus adalah hasil ledakan dalam suatu percetakan, yang semua isinya terkumpul secara sempurna dan seimbang dengan sendirinya.

Dunia ini teratur—dan hidup diatur dengan Hukum Keteraturan—sekacau apa pun tampaknya.

Karena Tuhan Maha Teratur dan dunia yang diberikan-Nya ini diciptakan dengan Hukum Keteraturan, maka satu-satunya jalan menyelaraskan diri dengan kehidupan dan Tuhan adalah hidup dengan cara yang sama teraturnya.


 
;