Senin, 19 September 2011

Pelajaran yang Terlupakan

Ibda’ binafsik—mulailah dari dirimu sendiri.
Muhammad, Rasulullah

Banyak orang yang terlalu gampang menyalahkan orang lain tanpa melihat terlebih dulu kesalahan-kesalahannya sendiri. Banyak orang yang terlalu gampang mencela orang lain, tanpa pernah bercermin untuk melihat cacat celanya sendiri. Banyak orang yang bermimpi ingin mengubah dunia, tapi terkadang tak pernah terbetik di hati mereka untuk mengubah dirinya sendiri terlebih dulu.

Itu persis sekali dengan sajak yang ditulis oleh seorang bijak Anglikan, lebih dari tiga ribu tahun yang lalu...

Ketika aku masih kecil dan bebas, dan imajinasiku tiada batas,
aku mengimpikan untuk bisa mengubah dunia.

Ketika semakin besar dan makin bijaksana, aku sadar bahwa dunia
tak mungkin diubah. Dan aku putuskan untuk mengurangi
impianku sedikit,
dan hanya mengubah negaraku.

Tetapi itu pun tampaknya tidak mungkin.
Ketika aku memasuki usia senja, dalam suatu upaya terakhir,
aku berusaha mengubah keluargaku sendiri;
mereka yang paling dekat denganku—tetapi sayang, mereka
tidak menghiraukanku.


Dan sekarang menjelang ajal, aku menjadi sadar
bahwa kalau saja aku mengubah diriku terlebih dulu, lalu dengan
teladan mungkin aku bisa mempengaruhi keluargaku,
dan dengan dorongan serta dukungan mereka
mungkin aku bisa membuat negaraku menjadi lebih baik,
dan…
siapa tahu, mungkin aku bisa mengubah dunia.

 
;