Kamis, 01 Maret 2012

Kata Ajaib untuk Meraih Apa pun

Setiap hari, dan setiap pagi,
saya harus bertambah baik.
Emile Coue


Pengalaman orang-orang besar yang tertulis dalam buku biografi mereka mengajarkan bahwa jika kita menunggu saat yang sempurna untuk melakukan sesuatu, maka pasti saat itu tidak akan pernah tiba. Gunung tidak akan didaki, perlombaan tak pernah dimenangkan, dan kebahagiaan tak pernah dicapai.

Jika kita ingin melakukan sesuatu yang benar dan berharga bagi hidup, lakukanlah sekarang juga. Karena jika kita menunggu “waktu yang sempurna”, maka waktu yang sempurna itu hanya ada dalam angan-angan. Ingatlah selalu bahwa saat yang tepat adalah sekarang, tempat yang tepat adalah di sini, dan waktu yang tepat adalah hari ini.

“Sekarang” adalah kata ajaib untuk sukses. “Besok”, “Minggu depan”, “Nanti”, “Suatu waktu”, “Suatu hari”, semuanya hanyalah sinonim untuk kata kegagalan, yang berarti “Tidak pernah”. Karenanya, “Suatu hari nanti” biasanya hanya berarti “Tidak pernah sama sekali”.

Mungkin ini terkesan sinis, tetapi banyak mimpi yang bagus, banyak cita-cita luhur, dan banyak obsesi mulia, yang tidak pernah terwujud karena kita mengatakan, “Saya akan memulainya suatu hari nanti,” ketika seharusnya mengatakan, “Saya akan memulainya sekarang juga.”

Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar atau menengah biasanya akan mengatakan, “Nanti bila aku telah dewasa.”

Lalu bila saat dewasa telah tiba, dan ia mengetahui ternyata ada banyak hal yang harus dikerjakan, dia pun menunda lagi dan mengatakan, “Nanti bila aku sudah menikah.”

Tetapi setelah menikah ia menyadari bahwa waktunya semakin sempit, karena beban tanggung jawab yang lebih besar. Maka dia pun menunda sekali lagi, “Nanti bila aku sudah pensiun.”

Dan ketika masa pensiun datang, ketika usianya telah beranjak tua, dan kekuatan fisiknya sudah amat terbatas, dia pun baru akan menyadari ada sekian puluh tahun yang telah hilang dan terbuang dari hidupnya, dan dia tak bisa mengambilnya kembali. Di saat-saat itulah biasanya penyesalan baru datang, dan ia mulai sadar ketika mengangankan, “Kalau saja aku dulu telah melakukannya....”

Kata ajaib untuk meraih dan mencapai apa pun adalah, “Akan kulakukan sekarang!”

 
;