Sabtu, 01 Juni 2024

Pencipta dan Ciptaannya

Dalam Avengers: Age of Ultron, Tony Stark menciptakan Ultron yang ia pikir akan dapat digunakannya untuk melindungi dunia dari [kemungkinan] kehancuran. Itu ide radikal dalam ilmu pengetahuan, dan teman-temannya menentang, karena sangat riskan juga terlalu berbahaya.

Tapi Tony Stark tidak peduli, dan Ultron akhirnya benar-benar terwujud. Seperti yang dikhawatirkan bocah-bocah Avengers, Ultron terlalu berbahaya, dan akhirnya bahaya itu benar-benar datang. Ultron mengkloning diri serta pikirannya, lalu menjelma jadi pasukan robot mematikan.

Ironis, bagaimana entitas robot yang diciptakan berbalik menyerang penciptanya, dan sang pencipta harus berdarah-darah dalam upaya menundukkannya. Satu negara, Sokovia, rusak parah akibat peperangan brutal Tony Stark bersama Avengers, melawan ambisi Ultron dan pasukannya. 

Yang lebih ironis, Avengers tidak mampu mengalahkan Ultron, sampai akhirnya menciptakan entitas lain dengan unsur berbeda—Vision. 

Tanpa bantuan Vision, mungkinkah Avengers mampu mengalahkan Ultron? Sepertinya tidak, karena nyatanya Visionlah yang “mengakhiri segalanya”.

 
;