Sabtu, 01 Juni 2024

Lebih Menyenangkan

Elaine Tettemer Marshall tinggal di Texas, AS, dan warga di sana mengenalnya sebagai orang biasa yang menjalani kehidupan sederhana, seperti ibu-ibu lain umumnya. 

Yang mengejutkan, Elaine Tettemer Marshall adalah orang terkaya nomor 4 di Amerika. Dia memiliki harta lebih dari 12,7 miliar dolar, atau lebih dari Rp100 triliun! Dan para tetangganya sama sekali tidak tahu kenyataan itu, karena Elaine memang sangat sederhana.

Elaine Marshall tidak pernah pamer kekayaan, dan menjalani kehidupan bersahaja seperti orang-orang kebanyakan, serta sangat menjauhi publisitas. Kalau kita berpasasan dengannya, kita pasti berpikir dia ibu-ibu biasa. Selama bertahun-tahun, tidak ada yang tahu siapa dia.

Terungkapnya jati diri Elaine Marshall, gara-gara ada jurnalis dari ABC News dan Bloomberg, yang “iseng” mempelajari nilai saham minoritas di Koch Industries, salah satu perusahaan besar di AS. Dari penelusuran itu, mereka menemukan nama “yang sama sekali tidak dikenal”, yaitu Elaine Marshall.

Gara-gara itulah, nama Elaine Marshall lalu masuk daftar orang-orang terkaya di Amerika—menempati peringkat ke-4, dengan harta lebih dari Rp100 triliun—dan sejak itu pula orang-orang di sekelilingnya menyadari bahwa mereka bertetangga dengan seorang miliuner.

....
....

Menjalani dan menikmati kehidupan sederhana padahal kaya-raya, jauh lebih menyenangkan... daripada menjalani kehidupan yang tampak mewah padahal sering pusing mikir uang. 

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan—itu benar. Karena yang bisa adalah uang yang banyak!

 
;