Sabtu, 01 Juni 2024

Kepentingan

Orang-orang mengira aku tidak punya kepentingan. Thank you! Aku anggap itu pujian, tapi sebenarnya aku juga punya kepentingan. Aku bahkan telah mengatakannya berkali-kali, secara terang-terangan. Dan kepentinganku tak pernah berubah; meruntuhkan peradaban.

Dalam perspektifku, peradaban lama akan lebih mudah diruntuhkan untuk diganti peradaban baru yang lebih baik, jika orang-orang mendapat pencerahan serta kesadaran. Dan cara paling logis untuk melakukan pencerahan massal adalah lewat pendidikan berkesinambungan.

Thanos mengumpulkan Infinity Stones, Kurt Hendrick menyiapkan nuklir, sementara Bertrand Zobrist menciptakan virus. Tujuan mereka sama... tapi ada cara yang jauh lebih baik, yaitu memberikan pencerahan, pendidikan, dan kesadaran pada manusia... untuk melakukannya sendiri.

Aku memahami, visi yang kubayangkan tidak akan terjadi dalam waktu singkat, sebagaimana yang dilakukan Thanos atau Bertrand Zobrist. Aku juga memahami bahwa perjalanan ke depan bisa saja berbeda dari yang kupikirkan. Karena semuanya memang butuh proses.

Dr. Zobrist memiliki tesis, dan tidak ada antitesis yang cukup masuk akal untuk membantahnya. Tetapi, setidaknya, tesis itu dapat direvisi agar lebih baik. 

“We are a minute to midnight.”

 
;