Kamis, 01 September 2011

Destination Unknown (3)

Mrs. Davis mengarahkan tatapannya ke layar monitor di hadapannya dengan penuh konsentrasi, dan seketika mengetahui maksud Jason. Ada sesuatu yang aneh namun nyaris tak terlihat menyangkut post itu, yang pasti dilakukan dengan sengaja oleh penulisnya—entah siapa pun dia.

“Ini seperti olok-olok yang sangat cerdik,” gumam Mrs. Davis kemudian.

“Benar, dan olok-olok itu dilakukan dengan sangat halus, sehingga meski telah dilihat ribuan orang, namun mungkin tidak ada yang menyadari keanehannya.”

“Kecuali kau, tentu saja,” ujar Mrs. Davis dengan sayang. “Apa lagi yang telah kaudapatkan?”

“Blog ini benar-benar sinting,” sahut Jason. “Saya telah menyisihkan sekitar tiga puluhan post yang saya pikir akan saling berkaitan. Tapi saya belum yakin. Mungkin masih banyak post lain yang tertumpuk di sini—yang belum saya lihat—yang mungkin juga memiliki kaitan. Coba Anda lihat beberapa post ini.”

Mrs. Davis membuka-buka halaman post yang telah disisihkan Jason, dengan kening yang berkerut. Dengan kecepatan membaca karena kebiasaan bertahun-tahun, dia bisa segera menyelesaikan tulisan-tulisan itu.

“Aku tidak yakin ini saling berkaitan,” ujar Mrs. Davis kemudian. “Masing-masing post ini sepertinya memiliki maksud sendiri-sendiri.”

Jason tersenyum lebar. “Jika Anda juga terkecoh, Mrs. Davis, saya tidak akan heran kalau orang lain juga akan sama terkecoh.”

“Coba katakan bagaimana catatan-catatan yang tampak saling berdiri sendiri ini memiliki keterkaitan. Aku tidak yakin…”

Senyum Jason makin mengembang. “Seperti yang tadi saya bilang, blog ini benar-benar sinting—atau penulisnya yang sinting. Catatan-catatan yang saya sisihkan ini memang sekilas tampak terpisah atau saling berdiri sendiri dengan tema masing-masing. Pada mulanya saya pun berpikir begitu. Tapi rupanya penulis sinting ini cukup berbaik hati. Dia memberikan kuncinya.”

“Dan kuncinya…?”

“Ini,” sahut Jason sambil menggerakkan pointer untuk membuka satu halaman posting yang sejak tadi disembunyikannya.

Sepuluh Pecahan.” Tanpa sadar Mrs. Davis membaca catatan dalam halaman posting itu. Lalu segera menangkap apa yang tersembunyi di dalamnya. Post itu sangat singkat, hanya berupa daftar tidak jelas, tidak menyatakan apa pun, bahkan tidak dapat dipahami. Tapi rupanya Jason telah melihat apa yang dimaksudkan penulisnya dalam catatan itu… dan dia pun kini sama melihatnya.

“Oh, my God…” gumam Mrs. Davis tanpa sadar.

 
;