Rabu, 07 September 2011

Hakikat Keyakinan

Jika kita percaya bahwa sesuatu itu tidak mungkin, maka pikiran kita pun akan bekerja bagi kita untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin. Tetapi, jika kita percaya, benar-benar percaya, bahwa sesuatu dapat dilakukan, maka pikiran kita pun akan bekerja bagi kita dan membantu kita mencari jalan untuk melaksanakannya.

Dulu, ketika Wright Bersaudara sedang menyusun kerangka pesawat yang diharapkan bisa terbang di udara, bersamaan dengan itu ada sekelompok ilmuwan yang juga sedang serius dalam penelitian untuk membuktikan bahwa apa pun yang beratnya melebihi udara tak akan bisa terbang!

Dan apa yang sama-sama mereka yakini itu pun kemudian sama-sama menjadi kenyataan. Wright bersaudara berhasil membuktikan keyakinannya bahwa pesawat mereka bisa terbang, sementara kelompok ilmuwan itu juga bisa membuktikan keyakinannya bahwa segala benda yang melebihi berat udara tak akan bisa terbang!

Wright bersaudara berkeyakinan pada kemungkinan; bahwa itu mungkin, maka mereka mendapatkan kemungkinan-kemungkinan, dan mereka mampu mewujudkan kemungkinan itu. Sementara ilmuwan yang lain berkeyakinan pada kemustahilan; bahwa itu tidak mungkin, dan mereka pun menghadapi segala ketidakmungkinan, membentur segala kemustahilan.

Keyakinan adalah hakikat hal-hal yang diharapkan, bukti hal-hal yang tak terlihat.

 
;