Kamis, 20 April 2023

Etika Bertamu

Sebagai orang yang tinggal sendirian, sesuatu yang sering bikin tidak nyaman adalah saat ada tamu datang tanpa pemberitahuan. Lagi enak makan, tiba-tiba ada tamu datang. Mau diterusin makan, jadi tidak nyaman. Makan mau ditinggal, perut masih lapar. Jadinya serbasalah.

Lebih tidak nyaman lagi saat masih di kamar mandi, lalu ada tamu datang. Ini sangat merepotkan. Aku tidak mungkin langsung keluar dari kamar mandi untuk membukakan pintu, sementara tamu yang datang terus mengetuk pintu karena tidak tahu aku di kamar mandi.

Ada juga orang datang, pas aku sedang keluar karena ada urusan. Sampai di rumah, dan mendapati rumah kosong, dia menelepon, ngasih tahu kalau dia ada di rumahku, dan bilang ada urusan penting. Lagi-lagi serbasalah. Urusanku juga penting, dan aku tidak bisa langsung pulang.

Akhirnya, agar sama-sama nyaman, aku meminta teman-teman yang mau datang ke rumahku ngasih tahu terlebih dulu, agar aku lebih siap menerima tamu. Karena aku sendirian di rumah. Tidak ada orang lain yang akan membukakan pintu kalau, misalnya, aku sedang tidur.

Ini sebenarnya etika standar yang mestinya dipahami semua orang. Jauh lebih baik kita memberitahu terlebih dulu kalau mau datang ke rumah seseorang, agar dia lebih siap menerima tamu, juga agar semua pihak lebih nyaman, dan tidak ada yang merasa terganggu.

 
;