Selasa, 20 Juni 2023

Keliling Dunia Naik Sepeda

Pernah ada seorang pria—usianya mungkin 50-an—yang naik sepeda, dan di sepedanya terdapat karton berisi tulisan, “Keliling dunia naik sepeda”. 

Aku melihatnya pertama kali di perempatan lampu merah, saat sedang menuju warung makan langganan. Aku terkesan, tentu saja.

Waktu itu, aku percaya pria tadi memang [bermaksud] keliling dunia naik sepeda, seperti yang disampaikan karton di sepedanya. Bisa jadi, pria itu orang dari kota jauh yang waktu itu kebetulan sampai di kotaku, dalam perjalanannya keliling dunia sendirian dengan sepeda.

Berhari-hari kemudian, aku kembali mendapati pria itu, kali ini sedang duduk di trotoar, sendirian, tidak jauh dari perempatan tempatku melihatnya pertama kali. Dia bersama sepedanya, yang di bagian belakangnya terdapat karton berisi tulisan “Keliling dunia naik sepeda”.

Sejak itu dan seterusnya, aku sering melihat pria itu di jalan raya—kadang dia sedang melaju sendirian dengan sepedanya, kadang pas berhenti di lampu merah, kadang pula dia tampak duduk di trotoar. 

Dan aku selalu memperhatikan karton itu—“Keliling dunia naik sepeda”.

Mungkin pria itu punya impian keliling dunia naik sepeda, atau apa pun yang ada di kepalanya, dan dia sedang menjalaninya. 

Semoga dia bahagia dengan impiannya, dalam hidup yang dijalaninya. Karena punya impian [atau khayalan] saja kadang bisa membuat seseorang bahagia.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 26 Agustus 2021.

 
;