Sabtu, 10 Oktober 2020

Noffret’s Note: Tagihan Listrik

Kenaikan tagihan listrik, yang beberapa waktu terakhir dikeluhkan banyak orang, sepertinya memang tidak wajar. Angka kasusnya terlalu banyak untuk ditoleransi sebagai "kewajaran". Terlepas apa pun dalih PLN, kenaikan tagihan yang tiba-tiba melonjak ini memang sangat janggal.

Dulu, waktu yang mengeluhkan hal ini baru satu dua orang, kita bisa menganggapnya "kasuistis". Tapi makin ke sini makin banyak yang mengalami hal serupa; sama-sama kaget mendapati lonjakan tagihan listrik, padahal penggunaannya tidak terlalu berbeda dibanding sebelum-sebelumnya.

Omong-omong, bahkan Raffi Ahmad kaget mendapati tagihan listriknya bulan kemarin yang melonjak gila-gilaan (kalian bisa cek vlognya). Kalau Raffi Ahmad yang duitnya jelas banyak saja "kaget", apalagi rata-rata kita yang duitnya gak banyak-banyak amat? Kalau orang resah, ya wajar.

Ada cara cukup mudah untuk tahu sekaligus membuktikan apakah "kenaikan yang tiba-tiba" ini wajar atau tidak. Cari rumah kosong yang hanya menyalakan 1 atau 2 lampu, dan coba cek berapa tagihan listriknya. Aku agak yakin, tagihan listrik untuk rumah kosong itu juga ikut melonjak.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 8 Juni 2020.

 
;