Selasa, 10 Oktober 2023

Kaya dan Miskin Bukan Soal Takdir

Selama kita yakin bahwa kaya dan miskin adalah soal takdir, sampai kapan pun masalah ketimpangan sosial tidak akan pernah selesai. Karena pasti akan membentur “doktrin takdir”. Orang bisa mudah mengatakan, “Ya gimana lagi, sudah takdirnya begini...”

Kaya dan miskin bukan masalah takdir, tapi masalah sistem! Tuhan, kalau kita memang percaya keberadaan-Nya, tidak akan menciptakan ketimpangan sosial, karena itu mengerikan, bahkan sekadar untuk dibayangkan. Manusialah yang menciptakannya!

Manusia menciptakan sistem, dan sistem yang tidak adil itu lalu menciptakan ketimpangan sosial. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. Selama kita tidak mau menerima dan memahami kenyataan ini, sampai kiamat pun masalah tak akan selesai.

Jika kita percaya kaya-miskin disebabkan takdir, ya sudah, mau apa lagi? Wong sudah takdir! Tapi jika kita percaya bahwa kaya-miskin disebabkan sistem, ada hal yang bisa kita lakukan, untuk membenahi yang salah, sekaligus membangun kehidupan yang lebih baik.

Di antara upaya memperbaiki sistem, agar ketimpangan kaya-miskin tidak terus semakin lebar, adalah meminta semua pihak untuk sadar. Pertama-tama, sadar bahwa kaya dan miskin bukan soal takdir.

 
;