Senin, 01 April 2024

Butuh Dua Ribu Tahun untuk Sadar

Dua isu yang kencang bergulir di akhir 2022 kemarin adalah resesi ekonomi dan resesi seks. Resesi seks adalah keengganan orang untuk menikah, atau keengganan punya anak untuk pasangan yang menikah. Butuh dua ribu tahun untuk membawa manusia sampai ke titik itu.

Sebenarnya, dari dulu sudah ada orang-orang yang memutuskan untuk tidak menikah. Pertama, tentu saja, karena mereka menyadari bahwa menikah [atau tidak] adalah soal pilihan. Dan mereka memilih untuk tidak menikah karena hal-hal lain yang mereka anggap lebih penting.

Apa “hal lain yang lebih penting dari menikah”? Tolong maafkan jika jawaban saya terdengar kasar. Kalau kamu masih bertanya-tanya “apa hal lain yang lebih penting dari menikah”, artinya kamu “masih terbelakang”, yang meyakini bahwa menikah adalah keharusan mutlak.

Dua ribu tahun yang lalu, Homo sapiens menganggap bahwa menikah adalah tujuan terpenting sebagai manusia. Tapi sekarang, sebagian manusia mulai menyadari bahwa menikah hanyalah satu pilihan di antara pilihan-pilihan lain, dan siapa pun berhak untuk menikah atau tidak.

 
;