Sabtu, 20 April 2024

Obat Stres

Ketika stres, sebagian orang jadi gak doyan makan, sementara sebagian lain makannya tambah banyak. Kenapa kok bisa beda gitu, ya? Padahal sama-sama stres. Omong-omong, aku termasuk yang pertama, yang gak doyan makan kalau lagi stres. Mau makan apa aja rasanya males.

Akibat stres bisa berbeda orang per orang; ada yang gak doyan makan, ada pula yang malah makannya tambah banyak. Bagaimana dengan obat stres? Kemungkinan besar juga berbeda. Ada yang mengobati stres dengan traveling, ngumpul dengan teman-teman, dan lain sebagainya.

Kalau aku simpel saja. Kalau lagi stres, biasanya lebih suka sendirian, mengisi waktu dengan hal-hal yang disukai; baca buku, nonton film bagus, semacam itu. Kalau beda dengan caramu, ya tidak apa-apa. Wong nyatanya kita memang punya cara berbeda untuk menangani stres, kan?

Ada orang bilang, stresnya mereda setelah rajin berdoa. Ya bagus itu. Cuma, cara yang bagus menurutmu, belum tentu bagus pula untuk orang lain. Karena obat stresmu belum tentu sama manjur untuk jadi obat stres orang lain. Jadi santai saja, tak perlu memaksakan caramu ke orang lain. 

 
;