Minggu, 20 September 2020

Noffret’s Note: Blogger

Sambil nunggu udud habis, aku mau ngomong sama teman-teman blogger.

Bagi yang punya blog, khususnya yang pakai platform Blogger, tentu tahu kalau saat ini Blogger akan mengganti dasbor lama ke dasbor baru. Penggantian ini akan menimbulkan banyak masalah, karena ternyata masih penuh bug dan interface (antarmuka)-nya tidak ramah pengguna.

Rencana penggantian dasbor baru ini sebenarnya akan dilakukan pada Juli kemarin. Tapi karena ramai diprotes banyak blogger—termasuk @dradnaksi dan aku yang bolak-balik kirim penjelasan panjang lebar ke Blogger—rencana penggantian dasbor itu pun lalu ditunda, sampai Agustus.

Sampai Agustus, pihak Blogger telah memperbaiki banyak hal pada antarmuka dasbor baru, tapi ternyata masih menyimpan banyak bug. Sekali lagi banyak penulis blog kirim protes, dan hingga saat ini aku telah mengirim lebih dari enam surat khusus ke Blogger atas masalah ini.

Mungkin karena hal itu, penggunaan dasbor baru kembali ditunda pada September, dan sebagian penulis blog pasti telah mendapati dasbornya berubah saat ini. Sekilas, antarmuka dasbor baru itu tampak ciamik, modern, dan responsif. Tapi di dalamnya penuh bug dan aneka masalah!

Urusan posting di dasbor baru akan sangat mengesalkan, karena instruksi-instruksinya banyak berubah/rumit, dan ada lebih banyak klik. Itu pun masih ditambah aneka masalah lain, terkait pengunggahan gambar sampai perubahan HTML. Pendeknya, dasbor Blogger baru ini penuh masalah.

Karena itu, kalau di sini ada yang aktif ngeblog dan menggunakan platform Blogger, tolong ikut kirim “protes” ke pihak Blogger, agar rencana penggunaan dasbor baru ini DIBATALKAN. Cara kirim protesnya mudah. Buka dasbor blogmu, klik "Bantuan & Masukan", lalu klik “Kirim masukan”.

Dalam jangka panjang, jika tidak dibatalkan, dasbor baru ini akan membuat semua pengguna platform Blogger akan kerepotan, khususnya ketika akan mengedit/memperbaiki/memperbarui tulisan-tulisan lama. Lebih lengkap soal ini, silakan baca catatan ini:

Apa Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger?

PS:

Gara-gara perubahan dasbor baru ini, aku sampai suntuk ngurusi BSM selama 4 bulan terakhir, mengedit ribuan artikel lama. Dan sampai sekarang belum selesai.

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut soal dasbor baru Blogger, sila tanya di sini, atau kirim ke e-mail-ku.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 6 September 2020.

 
;