Senin, 02 November 2020

Ingin Berteman tapi Menjengkelkan

Apa hal yang paling penting dalam suatu pertemanan?
@VICE_ID


Omong-omong soal teman, khususnya di dunia maya, aku jadi teringat pertanyaan VICE kemarin. Sambil nunggu udud habis, aku jadi ingin ngoceh.

Bagiku, pertemanan dimulai dari dua orang yang merasa saling cocok, lalu bisa berkomunikasi dengan wajar dan nyaman, tanpa tendensi apa pun. Ketika itu terjadi, khususnya di dunia maya, mereka akan saling mendekat dengan sendirinya, tanpa ada rekayasa.

Tempo hari, aku tidur habis subuh dan bangun pukul 8 pagi. Langsung ke dapur, bikin kopi, lalu udud dengan mata kriyep-kriyep. Kemudian iseng buka Twitter, dan berpikir akan mandi begitu udud habis. Tapi lalu ngobrol dengan 
@dradnaksi di DM, berjam-jam, sampai lepas zuhur.

Pertemananku dengan @dradnaksi dimulai dari blog, bertahun lalu, dan persahabatan kami terbangun perlahan, dari waktu ke waktu, hingga akhirnya sama-sama nyaman, sampai bisa ngobrol panjang berjam-jam. 

Begitulah pertemanan di dunia maya terjalin, setidaknya bagiku.

Ini sebentuk pertemanan yang tulus; dua orang saling tertarik untuk berteman, tanpa harapan apa pun selain ingin berteman. 

@dradnaksi dan aku belum pernah ketemu, dan dia tinggal di Surabaya. Jika aku ke Surabaya, apakah aku akan menemuinya? Jelas, wong kami berteman!

Meski mungkin terdengar sederhana, namun ternyata ada orang yang berharap bisa berteman dengan orang lain, tapi caranya benar-benar aneh.

Ada kisah tentang Si A yang ingin berteman dengan Si B, misalnya, tapi caranya bukan mendekati baik-baik, tapi malah melakukan hal-hal buruk.

Si A ingin berteman dengan Si B. Tapi Si A tidak pernah menunjukkan keinginan itu pada Si B. Sebaliknya, Si A menyuruh teman-temannya untuk menyerang Si B. Ada yang disuruh menyerang secara frontal, ada yang disuruh menyindir, ada yang disuruh mengganggu, dan lain-lain. Aneh?

Pertama kali aku tahu fenomena tolol ini, aku juga bingung campur tercengang. Kok bisa orang ingin berteman tapi caranya begitu? 

Dan apakah kemudian Si B tertarik pada Si A, hingga mau berteman dengannya? Kita tentu tahu jawabannya. Mending berteman dengan yang lain saja.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 11 Oktober 2020.

 
;