Dulu ada yang sering mengingatkan di Twitter, agar kita tidak pelit ngasih bintang 5 ke driver ojol, karena itu sangat penting bagi mereka. Tadinya aku gak paham-paham amat soal itu, sampai kemarin muncul berita viral soal ojol yang di-suspend gara-gara bintang 1 dari customer.
Nah, tadi pagi, di tempatku hujan lumayan gede. Biasanya aku sarapan roti yang sudah tersedia di rumah. Tapi mungkin karena efek hujan, perutku jadi lapar banget, dan ingin sarapan nasi, yang lebih mengenyangkan. Karena malas keluar gara-gara hujan, akhirnya pesan Gofood.
Di Gofood, dapat satu driver, hingga muncul keterangan, “Makanan akan sampai dalam 11 menit.” Aku pun menunggu dengan sabar, sampai 11 menit... 15 menit... 20 menit... 30 menit... 1 jam... dan makanan yang kutunggu belum juga datang. Tidak ada kabar apapun dari driver.
Hujan masih turun di luar, dan aku masih menunggu kedatangan driver yang akan membawakan pesananku. Perut makin kelaparan. Sampai 1,5 jam, driver yang kutunggu belum juga datang. Satu setengah jam! Itu penantian paling lama dalam sejarah hubunganku dengan Gofood.
Satu setengah jam lebih sedikit, driver Gofood akhirnya datang juga. Waktu membuka pintu, di depan rumah tampak seorang pria berjaket hijau ditutupi jas hujan, agak menggigil, dengan membawa bungkusan dus makanan dalam plastik.
“Saya minta maaf,” ujarnya agak bingung.
Dia melanjutkan dengan pelan, “Saya minta maaf, karena sangat terlambat. Tadi, saya harus ngantar anak ke sekolah, karena hujan. Saya nggak nyangka bakal terlambat sampai lama. Saya salah, dan saya minta maaf. Saya nggak akan menyalahkan Mas-nya, kalau memarahi saya.”
Menatap pria itu, yang mengakui kesalahannya dan tulus meminta maaf, aku akhirnya tersenyum, dan berkata dengan ramah, “Nggak apa-apa, Pak.”
Dia menyerahkan bungkusan makanan, lalu pamit. Aku masuk rumah, dan memberinya bintang 5. Semoga dia baik-baik saja.