Minggu, 01 Januari 2023

Pagebluk Njero Bumi

Sambil nunggu udud habis...

Sebagian orang mungkin sudah tahu, tapi sebagian lain mungkin belum. Tahun depan, 2023, akan jadi tahun yang sangat suram... secara politik, ekonomi, dan itu akan berdampak pada kehidupan serta kemanusiaan secara luas. Mungkin terdengar metaforis, tapi kita ada di tubir jurang.

Bisa jadi, dan semoga harapan ini terdengar realistis, kita yang ada di Indonesia mungkin belum akan merasakan dampak nyata terkait "pagebluk" yang akan menyerang dunia selama 2023... tapi akan ada banyak negara yang kolaps, sementara jutaan orang akan terancam kelaparan.

Seiring negara-negara kolaps, ekonomi dunia akan runtuh, dan... agar tidak bertele-tele, dalam lima dekade ke depan populasi bumi akan menyusut hingga hampir setengahnya. 

Apa yang terjadi? Apakah Thanos menjentikkan jarinya setelah mengumpulkan Infinity Stones?

Of course not.

Internet telah memungkinkan miliaran orang untuk terhubung, dari satu pikiran ke pikiran lain, dan, bersama pagebluk yang akan meluluhlantakkan seisi dunia... tebak apa yang kemudian terjadi?

Ya, Kesadaran sedang merayap ke mana-mana, dari satu pikiran manusia ke manusia lain.

Tahun 2023 besok, dengan segala masalah yang akan muncul, hanyalah warming up. Sesuatu yang lebih besar telah menunggu di tahun-tahun setelahnya, saat populasi terus menyusut hingga tak lagi mampu menopang ekonomi, lalu negara demi negara runtuh, dan itu akan terus berlangsung...

Ini mungkin terdengar fantastis, terasa tidak mungkin, atau bahkan menakutkan... tapi semoga kita punya umur cukup panjang untuk bisa menyaksikannya, dengan Kesadaran baru.

Tepat pada 1 Januari 2023 nanti, aku akan menulis soal ini di blog, karena sekarang ududku sudah habis.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 15 Oktober 2022.

 
;