Senin, 01 Mei 2023

Menulis untuk Menjaga Kewarasan

Seharian tadi saya membaca On Writing, buku tentang kepenulisan karya Charles Bukowski. Dia penulis/sastrawan asal Jerman yang tinggal di Los Angeles, dan telah menulis ratusan cerita pendek, ribuan puisi, enam novel, dan telah menerbitkan lebih dari 50 buku.

On Writing, buku yang saya baca tadi, berisi narasi-narasi Bukowski tentang proses kreatifnya sebagai penulis. Sebagai orang yang aktif menulis, saya menemukan banyak sekali narasi di buku itu yang menyentuh hati dan pikiran, sekaligus menguatkan dan menginspirasi. 

Berikut ini saya terjemahkan beberapa di antaranya. (Kalau kamu kebetulan juga penulis, atau aktif menulis, atau ingin jadi penulis, On Writing patut dibaca.) 

“Menulis membutuhkan kedisiplinan, sama seperti yang lain. Jam berlalu sangat cepat, bahkan ketika aku sedang tidak menulis.”

“Menulis apa yang kita sukai jauh lebih mudah, daripada berusaha menciptakan tulisan yang disukai banyak orang.”

“Aku tidak berusaha menjadi penulis, aku hanya melakukan sesuatu yang terasa menyenangkan bagiku.”

“Aku akan terus menulis hingga embusan napas terakhir. Tak peduli orang lain menganggapnya bagus atau tidak. Dari awal sampai akhir. Aku ditakdirkan untuk melakukannya, dan menjadi seperti ini. Sederhana dan mendalam.” 

“Apa pun yang kutulis, baik atau buruk, pastilah aku apa adanya.”

“Semua penulis bagus bisa menulis dengan sangat bagus. Tapi, ya Tuhan, mereka mirip satu sama lain. Aku tidak mau seperti itu, aku ingin menulis apa pun yang kuinginkan. Aku menulis dari rasa sakit, kegilaan, dan kebenaran.” 

“Jangan khawatir soal frase, hitungan atau akhiran yang berima. Tulis apa adanya, keras, kasar, atau sebaliknya—terserah caramu menyampaikan.”

“Tak masalah kalau tulisanku dikritik. Tapi diubah menjadi seperti tulisan orang lain merupakan sesuatu yang sangat tidak bagus.”

“Kebanyakan penulis hebat menghasilkan karya-karya hebat karena tujuan utamanya adalah untuk menjaga kewarasan.” 

“Penulis-penulis yang bisa menulis dengan baik adalah orang-orang yang menulis supaya tidak gila.”

 
;