Selasa, 01 Agustus 2023

Pengetahuan yang Populer Tidak Berarti Pasti Benar

Bangsa mana yang pertama kali membuat mumi?

Mesir.

Salah!

Pengetahuan yang populer tidak berarti pasti benar. Bangsa pertama di dunia yang membuat mumi adalah Bangsa Chincorro, yang tinggal di tempat yang sekarang disebut Chili, Amerika Selatan.

Bangsa/kebudayaan Chincorro telah hidup sejak 7000 Sebelum Masehi. Sementara Bangsa Mesir baru muncul pada sekitar 3150 Sebelum Masehi.

Bangsa Chincorro hidup sebagai pemburu/pengumpul, sementara kebudayaan mereka yang terkenal adalah mumifikasi, yang merupakan tertua di bumi.
....
....

Siapa penemu telepon?

Alexander Graham Bell.

Salah!

Siapa penemu lampu pijar?

Thomas Edison.

Salah!

Penemu telepon adalah Antonio Meucci. Sementara Thomas Edison bukan menemukan lampu pijar, melainkan hanya menemukan filamen (unsur yang memungkinkan lampu pijar menyala).

....
....

Terbuat dari apa sepatu Cinderella?

Kaca.

Salah!

Sepatu Cinderella terbuat dari bulu bajing. Versi asli kisah Cinderella menyebut sepatunya terbuat dari "vair", yang artinya "bulu bajing". Kekeliruan soal bahan pembuat sepatu ini gara-gara Charles Perrault salah mengartikan.

Uhmmm... tapi Charles Perrault itu siapa?

Charles Perrault adalah orang pertama yang menuliskan kisah Cinderella, berdasarkan tradisi lisan. Dalam tradisi lisan, sepatu Cinderella disebut terbuat dari "vair". Charles Perrault salah dengar dan mengira terbuat dari "verre" (kaca).

....
....

Di mana tempat terdingin di dunia?

Antartika!

Hahahaha....

Ini kalau dilanjutkan bakal ngeri, karena ternyata banyak pengetahuan yang kita terima dan yakini keliru semua!

Ironi pengetahuan adalah bahwa pengetahuan yang kita pikir pengetahuan ternyata bukan pengetahuan.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 16 Mei 2019.

 
;