Jumat, 01 Desember 2023

Yang Ideal Biasanya Utopis

Dulu kalau mau duduk, tinggal duduk saja. Sekarang kalau mau duduk harus mengeluarkan ponsel dari saku celana.

Sering aku kangen dengan ponsel-ponsel lama Sony-Ericsson. Di masanya, ponsel-ponsel produksi mereka enak digenggam, nyaman dikantongi, dan bentuknya begitu manis serta elegan.

Beda banget dengan ponsel kekinian. Sekarang, bentuk ponsel gitu-gitu aja—datar, besar, kadang berat saat digenggam, dan tidak nyaman dikantongi. Sebegitu tidak nyaman, sampai mau duduk saja harus mengeluarkan ponsel dari saku celana.

Kelebihan [sebagian] ponsel zaman sekarang, tentu saja, kecanggihannya yang luar biasa. Sebegitu canggih, sampai aku kadang takjub pada ponsel yang aku gunakan.

Mungkin akan ideal, andai saja ponsel bisa secanggih sekarang, tapi juga memiliki bentuk/tampilan yang modis seperti ponsel zaman dulu. Jadi enak digenggam, nyaman dikantongi, dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Tapi yang ideal-ideal itu biasanya memang utopis, atau setidaknya sulit diwujudkan. Yang bentuknya manis dan elegan, kemampuannya biasa-biasa saja. Sementara yang kemampuannya luar biasa, wujudnya biasa-biasa saja.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 31 Oktober 2021.

 
;