Rabu, 10 Juli 2024

Bisa Merasakan Sakit Itu Penting

Tubuh kita akan menimbulkan rasa sakit, setiap kali bermasalah. Baik masalah yang ada di luar tubuh (dapat kita lihat/raba), atau pun masalah yang terjadi di dalam tubuh (terkait organ dalam, yang tidak bisa kita lihat). Rasa sakit adalah alarm yang memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Saat lutut kita tanpa sengaja terbentur kaki meja, misalnya, kita pasti akan merasa sakit. Dan itu wajar, normal, bahkan patut kita syukuri, karena artinya syaraf-syaraf di tubuh kita masih sehat, hingga bisa mengantarkan “pesan penting” ke otak, dan kita bisa merasakan sakit. 

Karena merasa sakit, kita pun memeriksa lutut kita, untuk memastikan kondisinya. Jika memang ada luka, kita bisa memberinya obat merah atau pertolongan lain. Adanya rasa sakit, dan kemampuan merasakan sakit, adalah tanda penting bahwa kita sehat.

Begitu pula saat terjadi masalah pada organ dalam tubuh kita. Sewaktu-waktu, bisa jadi, kita merasakan perut sangat perih, atau dada terasa terbakar. Kita memeriksa bagian luar perut atau dada, dan kondisinya baik-baik saja. Dan kita pun menyadari ada organ dalam kita yang mungkin mengalami masalah. Karena kesadaran itu pula, kita pun pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

Bisa merasakan sakit itu penting, karena rasa sakit adalah alarm yang memberi tahu agar kita waspada. 

Yang berbahaya adalah jika terjadi ketidakberesan pada tubuh kita, tapi kita tidak merasakan sakit apa pun, hingga kita menganggapnya biasa saja, sekaligus pede dan meyakini bahwa kita sehat. Padahal, sesuatu yang berbahaya bisa saja sedang terjadi. 

 
;