Selasa, 10 September 2024

Menelantarkan Anak Sampai Keblangsak

Di Florida, AS, ada aturan khusus mengenai tanggung jawab orang tua kepada anak. Aturan khusus itu dibuat untuk menjaga hak-hak anak benar-benar terpenuhi. Dengan kata lain, aturan itu ingin mengatakan, “Kalau kamu tidak bisa menjaga, mendidik, dan membesarkan anak secara baik, jangan punya anak!”

Sebegitu ketat aturan itu, hingga orang di sana sangat berhati-hati dalam membesarkan anak. Artikel lama di Fox News bahkan pernah memberitakan pasangan suami istri yang ditangkap dan disidang di pengadilan dan dihukum, akibat perkara “sepele” terkait anak.

Ceritanya, seorang anak usia SD pulang sekolah, namun kebetulan orang tuanya waktu itu sedang pergi. Si anak pun tidak bisa masuk rumah. Ia lalu mengambil bola basket di depan rumah, dan memainkannya sendirian, sambil menunggu kedua orang tuanya pulang.

Kebetulan, waktu itu, seorang tetangga melihat anak tersebut, dan menghubungi polisi. Saat orang tua si anak akhirnya pulang, petugas kepolisian sudah menunggu mereka di depan rumah, dan suami istri itu ditangkap dengan tuduhan “menelantarkan anak selama 90 menit”.

Orang tua si anak mengaku tidak dapat pulang cepat, karena terjebak macet dan cuaca buruk. Tapi aturan tetap aturan, dan mereka masuk penjara. Sementara anak mereka dijaga otoritas setempat, sampai proses hukumnya selesai. Sambil nunggu sidang, mereka harus ikut kursus “menjadi orang tua yang baik”.

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, peristiwa itu mungkin terkesan lebay. Karena di sini, boro-boro “menelantarkan sampai 90 menit”, wong menelantarkan sampai bertahun-tahun saja dianggap biasa. Karena setiap anak punya rezeki sendiri-sendiri, katanya. 

Yo mbuh kabeh, wong do keblangsak.

 
;