Senin, 14 Desember 2009

Bumi, Seribu Tahun Lagi



Boleh percaya atau tidak, inilah wajah dunia kita dalam seribu tahun yang akan datang. Mungkin prediksi ini akan terdengar kontroversial. Tetapi... semua hal yang belum terjadi memang terdengar kontroversial, kan? Jadi, inilah wajah kita, dunia kita, dalam seribu tahun yang akan datang—boleh percaya ataupun tidak!

2010
Masyarakat bumi masih meributkan pemanasan global—tetapi isu pemanasan global hanya bualan gombal.

2011
Penduduk dunia mencapai 5,7 miliar, tranplantasi organ tubuh semakin populer, dan isu kiamat makin menjadi.

2012
Kiamat yang terus-menerus diisukan dan diributkan terbukti hanya isapan jempol—dan manusia akhirnya sampai ke Mars, planet yang telah lama didambakan. Diperlukan waktu lima bulan lima hari untuk sampai di sana.

2015
Integrasi komputer-biologi mencapai tahap sempurna—dan manusia mulai bersiap memasuki Era Bio-Ekonomi.

2016
Perjalanan dari New York ke London dapat ditempuh dalam waktu 1 jam, dengan menggunakan pesawat tercepat.

2017
Bangunan pertama dibuat di bulan. Perkampungan di bulan pun mulai direncanakan. Manusia mencapai prestasi yang sebelumnya hanya ada dalam angan.

2018
Mata uang internasional pertama diperkenalkan.

2020
Robot-rumah semakin populer. Pasar-pasar swalayan di Jeddah dan Riyadh selalu kehabisan stok robot wanita (jangan tanya kenapa). Hotel pertama di ruang angkasa dibuat.

2022
Populasi ruang angkasa mencapai 100 orang—merekalah yang menjadi penghuni pertama, para penduduk yang mulai tinggal di bulan.

2025
Robot-manusia mulai diciptakan. Biologi dan komputer melakukan “perkawinan”.

2027
Tempat tinggal permanen di Mars mulai dibangun—manusia semakin hanyut dalam impian-impiannya.

2033
Air-Car, semacam mobil terbang, mulai dikenalkan dan digunakan. Kota-kota besar mulai melarang penggunaan kendaraan darat untuk mengatasi kemacetan. Jakarta menjadi kota pertama di Indonesia yang memberlakukan kewajiban penggunaan mobil terbang—dan kendaraan konvensional pun segera menjadi barang loakan.

2036
Hovercars (mobil terbang dalam ukuran yang lebih besar) sudah mulai digunakan untuk travel—baik nasional maupun internasional. Taksi dan mobil travel konvensional segera jadi barang rongsokan.

2045
Populasi ruang angkasa mencapai 4000 orang—sebagian merupakan pendatang baru, sebagian karena anak-anak yang dilahirkan di sana.

2050
Anti-gravitasi ditemukan—Isaac Newton seolah bangkit dari kuburnya, dan buah apel tak harus jatuh ke bawah.

2063
Perjalanan dengan kecepatan cahaya mulai diperkenalkan. Kemajuan dunia makin pesat dan makin cepat.

2065
Populasi ruang angkasa mencapai 12.000 orang. Hotel dan motel mulai dibangun di hamparan luas ruang angkasa.

2080
Kota pertama di orbit Bumi dibangun. Obat-obatan penting untuk berbagai penyakit berat telah berhasil ditemukan—manusia mulai mencari upaya untuk menunda kematian.

2100
Sebagian besar penyakit abad ke-21, termasuk AIDS, telah dinyatakan non-exist dalam kehidupan umat manusia. Dunia medis makin bersemangat menemukan jalan untuk mengalahkan kematian.

2113
Bumi memiliki satu pemerintahan. Tidak ada lagi batas wilayah negara. Teritorial menjadi batas yang absurd.

2120
Populasi ruang angkasa mencapai 1 juta orang—dan makin terus bertambah dengan adanya “transmigrasi” penduduk bumi ke planet-planet lain di ruang angkasa.

2150
Teleportasi hingga teleportasi quantum mulai diperkenalkan. Manusia dan dunia teknologi makin keranjingan pada impian menembus waktu.

2200
Populasi ruang angkasa semakin banyak, jumlah penduduk di sana hampir tiga milyar, dan planet Bumi semakin sepi. Pada waktu ini, orang-orang yang masih tinggal di bumi mulai merasa “tidak keren” tinggal di sini.

2300
Mars, Merkurius, dan Bulan, telah menjadi koloni manusia.

2500
Perjalanan antar-bintang mulai diperkenalkan. Beberapa galaksi baru yang diduga memiliki kehidupan lain ditemukan. Pada tahun ini pula mulai muncul isu soal kiamat yang didesas-desuskan akan datang pada tahun 2999.

31 Desember 2999
Seluruh manusia di berbagai planet menunggu kedatangan hari kiamat.

1 Januari 3000
Hari kiamat tidak terjadi. Manusia di berbagai planet bersorak gembira. Lagi-lagi isu kiamat hanya isapan jempol.

3134
Alien pertama ditemukan di sebuah planet asing dalam sistem galaksi yang sama asingnya. Bukan makhluk cerdas, tapi “seekor” makhluk mirip hamster yang hidup di rawa-rawa planet itu.

3135
Akhirnya... fosil orang-orang yang membaca catatan geblek ini ditemukan, setelah berabad-abad menghilang sejak membaca posting yang ngawur ini. :D


 
;