Senin, 14 Desember 2009

Catatan Kecil Tentang Hidup



Apa yang paling penting di dunia ini bagi kita semua? Itu adalah belajar hidup, kan? Hidup itu anugerah yang tak ternilai, tetapi ia tidak dapat berlangsung terus. Sementara kita memilikinya, kebahagiaan kita bergantung hanya pada satu hal; seberapa jauh kita belajar menghadapi dengan baik tantangan-tantangan hidup ini.

Kalau lautan kehidupan mulai bergelora, kalau kesulitan mulai muncul, kalau masalah timbul, jangan lupakan bahwa kekuatan yang telah dianugerahkan Tuhan dalam diri kita selalu siap untuk digunakan menghadapi semua yang menghadang. Pernah mendengar tentang ‘Hukum Tantangan dan Respons’? Arnold Toynbee, seorang ahli sejarah termahsyur, berpendapat bahwa kunci bagi pengertian terhadap sejarah dengan peristiwa-peristiwa pasang-surutnya peradaban terletak pada kegiatan hukum yang tak terlihat ini. Ia yakin bahwa jika suatu peradaban yang mendapat tantangan yang membahayakan kelangsungannya, dan kita dapat menghadapinya, maka kekuatan-kekuatan yang muncul karena usaha yang luar biasa itu akan mengangkat peradaban itu ke tingkatan yang lebih tinggi dalam bidang kesenian, sastra, dan setiap segi hidup serta kebudayaan. Dalam kehidupan pribadi kita, hukum itu juga berlaku.

William James, seorang filsuf sekaligus psikolog terbesar yang pernah dimiliki Amerika mengatakan kebenaran yang amat penting ini, “Penemuan terbesar dari generasi saya, adalah bahwa manusia dapat mengubah hidup mereka dengan cara mengubah sikap pikiran mereka.”

Kita dapat mengubah kehidupan kita dengan cara mengubah sikap pikiran kita. Kita dapat melakukan ini dengan sengaja memaksakan masuk gagasan yang vital, citra yang positif, ke dalam pikiran bawah sadar kita. Dengan cara itu, kita akan terus-menerus berada dalam keadaan berkembang, dan kita pun benar-benar berkembang menjadi apa yang kita pikirkan.

Filosofi ini tentu saja tidak berarti bahwa kehidupan kita kemudian akan menjadi tanpa masalah. Maksudnya adalah kita akan mampu menghadapi masalah apapun dengan penuh percaya diri bahwa kita memiliki keberanian dan kekuatan untuk menghadapinya. Kita hanya perlu berdoa...dan percaya! Bayangkan dan percaya, bekerja dan percaya!


 
;