Selasa, 14 Maret 2017

Modal Selangkangan

“Menikah tidak perlu persiapan, yang penting mantap.” | Oh, well, kau tahu, itulah awal mula istilah MOKONDO.

Beberapa keparat cuma punya selangkangan, lalu menikah, dan merasa hebat. Kemudian sok menilai orang lain rendah cuma karena belum menikah.

Kalau kau menikah hanya dengan modal selangkangan, itu urusanmu. Tapi tidak usah berharap apalagi menyuruh orang lain sama sepertimu.

Tidak ada yang mewajibkan orang menikah, kecuali orang-orang yang menikah lalu menyesal, dan berharap orang-orang lain senasib dengannya.

“Menikah tidak perlu persiapan.” | Itu benar-benar nasihat sesat, bangsat, dan menyesatkan! Kuliah saja perlu persiapan, apalagi menikah?

Hei, para wanita, jangan pernah mau menikah dengan lelaki yang mengatakan, “Menikah tak perlu persiapan.” Karena kau yang akan jadi korban.

Ucapan “menikah tak perlu persiapan” hanya diucapkan lelaki yang memang cuma bermodal selangkangan. Mereka tidak perlu persiapan apa pun.

Lelaki-lelaki yang suka menyuruh atau merayu orang-orang lain cepat menikah, seharusnya berpikir, “Apakah istriku bahagia menikah denganku?”

Tugas penting setiap orang yang menikah adalah MEMASTIKAN PASANGANNYA TENTERAM DAN BAHAGIA, bukan MENYURUH-NYURUH ORANG LAIN CEPAT MENIKAH.

Konyol dan bangsat adalah orang yang suka merayu orang-orang lain cepat menikah, sementara pasangannya sedih dan menyesal diam-diam.

Sebagian orang kawin tanpa persiapan dengan semboyan MOKONDO, lalu berharap orang-orang lain sama seperti dirinya. Benar-benar haram jadah!

“Menikah tidak perlu persiapan.” —semboyan lelaki MOKONDO

Orang butuh kebanggaan. Jika tidak punya apa pun yang bisa dibanggakan kecuali fakta dia telah menikah, itulah kebanggaannya. Menyedihkan...

Aku selalu berusaha menghormati orang lain, KECUALI orang yang suka menyuruh atau merayu orang lain cepat menikah. Dia tak punya kehormatan.

Menikahlah, karena itu baik. Dan karena menikah adalah soal pilihan. Setelah itu, jagalah kehormatanmu, dengan cara menjaga mulutmu.

Yang membabat hutan seenaknya adalah para perusak alam. Yang suka menyuruh orang lain menikah tanpa persiapan adalah para perusak manusia.

“Menikah tidak perlu persiapan. Aku dulu juga menikah tanpa persiapan.” | Wong kayak gitu kok dibanggakan. Coba katakan itu pada istrimu.

Kalau menjadi MOKONDO adalah pilihanmu, lakukan. Tapi tidak usah merayu apalagi berharap orang-orang lain sama menjijikkan seperti dirimu.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 18 November 2016

 
;