Selasa, 01 Oktober 2024

Para Pembalas Dendam

Ada film Australia berjudul John Doe: Vigilante. Berkisah tentang seorang pria misterius yang menghabisi para bajingan—yang tak tersentuh hukum—dengan cara yang cerdik sekaligus brutal. John Doe: Vigilante adalah Batman dalam versi lebih gelap, sekaligus lebih mematikan.

Aksi-aksi vigilante sering kali berawal dan berasal dari dendam pribadi. Seperti Bruce Wayne di Gotham menjadi Batman karena dendam atas kematian orang tuanya, John Doe di Australia juga menghabisi para bajingan karena dendam pribadi akibat istri dan anaknya dibunuh penjahat.

Ada banyak film yang pernah kutonton, yang mengisahkan aksi-aksi vigilante—aku selalu suka film semacam itu. Law Abiding Citizen, Peppermint, Man on Fire, dan banyak lainnya. Senang sekali rasanya menyaksikan para bajingan dibantai, dan para penjahat berdarah-darah.

Semua kisah vigilante dalam film-film itu mengatakan hal sama; kalau penegak keadilan tidak bisa memberi keadilan, maka keadilan akan menjelma monster mengerikan. Tidak semua korban ketidakadilan hanya akan pasrah dan diam. Sebagian dari mereka menjadi para pembalas dendam.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 7 Oktober 2021.

 
;