Jumat, 10 Mei 2024

Mutar-mutar Tidak Jelas

Menurutku, cara terbaik untuk tahu seseorang pintar atau goblog adalah dengan melihat apakah dia bicara to the point atau mutar-mutar. Semakin banyak dia mutar-mutar, biasanya semakin goblok. Ciri yang paling mudah dikenali dari orang pintar adalah to the point!

Dalam percakapan, khususnya dalam diskusi/debat yang membutuhkan argumentasi, kadang-kadang kita memang butuh “memutar”—dalam arti menjauh dari topik inti yang sedang dibahas—tapi itu memiliki tujuan khusus yang terarah, yaitu mengajukan argumentasi yang kuat.

Cara semacam itu dipraktikkan banyak filsuf, ilmuwan, intelektual, atau rata-rata orang cerdas ketika mengajukan pemikiran-pemikiran mereka. Teknik semacam itu mirip petarung yang menjauhi lawannya sejenak—bukan untuk kabur—tapi untuk menyiapkan serangan telak. 

Berbeda dengan orang tolol. Ciri paling mencolok orang tolol adalah ditanya A, tapi jawabannya Z—tidak nyambung sama sekali. Mereka juga suka bicara mutar-mutar untuk mengesankan diri mereka pintar, tapi mutar-mutarnya tidak memiliki ujung jelas, hanya mutar-mutar.

Secara pribadi, aku lebih suka bercakap-cakap dengan orang yang berbicara dengan cara sederhana, menggunakan bahasa sederhana, dan, kalaupun harus membahas hal-hal rumit, berusaha menyampaikannya dengan sederhana, yang lebih mudah dipahami dalam percakapan.

Sangat melelahkan berbicara dengan orang yang suka ndakik-ndakik, ngomong mutar-mutar tapi tidak jelas ujung pangkalnya. 

Saat berbicara, aku menganut prinsip pribadi; “Jujurlah, dan jangan berusaha membuat orang lain terkesan. Jika mereka terkesan, itu urusan mereka.”  

 
;