Jumat, 10 Mei 2024

Pakai Bahasa Indonesia Saja

Sekadar saran. Kalau bikin thread penting atau menyampaikan info penting, mbok pakai bahasa Indonesia saja, tidak usah maksa pakai bahasa Inggris. Karena selalu ada kemungkinan sebagian orang tidak/belum fasih bahasa Inggris, hingga kesulitan menerima informasi yang diberikan.

Sering ada thread/informasi PENTING yang berseliweran di TL-ku, tapi terus terang aku malas me-retweet, sebagai bentuk protes kepada penulisnya. Kalau thread/informasi itu ditulis orang Indonesia dan ditujukan pada orang Indonesia, mestinya menggunakan bahasa Indonesia.

Di Twitter memang ada gejala aneh. Kalau merasa yang akan disampaikan itu PENTING, penulisnya akan menggunakan bahasa Inggris. Padahal, justru karena itu PENTING, mestinya ditulis menggunakan bahasa Indonesia, agar SEMUA ORANG bisa memahami dengan jelas dan tidak salah tangkap.

Ada juga orang yang kalau berdebat akan [tiba-tiba] menggunakan bahasa Inggris, meski sejak awal pakai bahasa Indonesia. Biasanya, hal itu terjadi karena TIDAK PERCAYA DIRI DENGAN UCAPAN/ARGUMENTASINYA SENDIRI.

Kalau kamu biasa ngemeng pakai bahasa Indonesia, lalu berdebat dan tiba-tiba menggunakan bahasa Inggris, mungkin kamu berpikir akan tampak lebih pintar. Benarkah begitu? Tidak! Orang lain justru akan menilaimu tidak percaya diri, dan kamu mencoba menutupinya dengan bahasa Inggris.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 24 April 2019.

 
;