Kamis, 01 Agustus 2019

Standar Calon Pasangan

Omong-omong soal 30 juta sebulan—yang sekarang berseliweran di timeline—aku jadi gatel ingin ikut ngoceh.

Sepertinya kita memang sensitif dengan standar atau kriteria orang lain, hingga merasa “tidak nyaman”. Kalau ada perempuan bikin standar untuk calon pasangannya (misal punya gaji 30 juta per bulan), ya tidak apa-apa, wong itu haknya. Kenapa kita yang pusing?

Orang toh punya hak untuk menetapkan standar sendiri-sendiri untuk hidupnya. Wong mereka yang menjalani. Kalau kebetulan standar mereka berbeda dengan standar kita, ya tidak apa-apa. Mosok semua orang harus punya standar yang sama dengan kita?

Lagi pula, banyak laki-laki yang punya penghasilan 30 juta per bulan, bahkan lebih. Cuma, mereka yang punya gaji segitu biasanya juga punya standar sendiri, yang—bisa jadi—tidak bisa dipenuhi oleh perempuan yang menetapkan standar tersebut. Jadi ya piye?

JP Morgan, ahli keuangan Wall Street yang juga miliuner, pernah mengatakan bahwa dia—dan rata-rata pria miliuner lain—justru jaga jarak dengan perempuan-perempuan yang jelas tampak mengincar kekayaan mereka. Karena hasilnya “besar pasak daripada tiang”.

Jadi kalau ada orang—laki-laki atau perempuan—bikin standar terkait (calon) pasangan mereka, ya biarkan saja. Wong itu hidup dan pilihan mereka sendiri, kok. Soal mereka kemudian mendapatkan yang sesuai standar atau tidak, ya mereka sendiri yang menghadapi. Tidak usah sewot.

Biasanya—ini biasanya, lho—orang terlalu sensitif dengan standar orang lain, karena kebetulan tidak memenuhi standar tersebut. Gak usah sampai 30 juta sebulan. Kita bikin standar “bisa masak” untuk calon pasangan saja, bisa membuat orang sewot. Ya karena mereka tidak bisa masak.

Jadi, omong-omong soal fucking-standar, masalahnya di mana? Masalahnya bukan pada standar atau pada orang yang bikin standar. Masalahnya ada pada diri kita sendiri, dan masalahnya sangat sepele, “apakah kita memenuhi standar itu atau tidak”. Kalau memenuhi, yo kalem wae.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 13 Januari 2019.

 
;