Sabtu, 01 Februari 2020

Noffret’s Note: Lennon

Imagine there's no countries
It isn't hard to do
Nothing to kill or die for
And no religion too
Imagine all the people living life in peace

You may say I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope some day you'll join us
And the world will be as one

John Lennon punya bibi bernama Mimi Smith, seorang wanita yang baik namun keras. Ia, sebagaimana umumnya bibi yang baik, menyayangi keponakannya. Ketika Lennon mulai akrab dengan gitar, Mimi menasihati, "Gitar memang oke, John, tapi kau tak bisa hidup dari itu."

Bertahun-tahun kemudian, ketika John Lennon telah sukses dan menjadi penyanyi terkenal dunia, ia memberikan hadiah untuk bibinya, sebuah plakat emas berisi kata-kata itu, "Gitar memang oke, John, tapi kau tak bisa hidup dari itu."

Utang telah terbayar lunas.

John Lennon dan Paul McCartney adalah pasangan pencipta lagu paling sukses di dunia. Lennon yang sinis dan McCartney yang optimis saling melengkapi, hingga lagu-lagu mereka didengarkan secara abadi. Tapi jarang yang tahu bagaimana dua orang itu bertemu.

Lennon dan McCartney sebelumnya tak saling kenal—mereka bukan teman sekolah. Keduanya diperkenalkan oleh teman Lennon, Ivan Vaughan. Segera sejak itu, Lennon dan McCartney langsung akrab dan dekat, karena keduanya merasa memiliki nasib tragis yang sama.

Lennon dan McCartney sama-sama kehilangan ibu, saat mereka masih belia. Lennon menyaksikan ibunya tewas karena kecelakaan saat ia berusia 17 tahun; McCartney kehilangan ibunya karena kanker, saat ia berusia 15 tahun. Latar belakang itulah yang mendekatkan mereka.

Persamaan nasib, tampaknya, menjadi perekat paling erat di antara dua manusia. Ketika dua orang bertemu karena kehebatan masing-masing, bisa jadi mereka saling bersaing. Tapi ketika dua manusia bertemu karena merasa senasib, mereka saling menguatkan.

Dua orang asing—yang dipertemukan di tempat asing—bisa langsung merasa dekat. Bukan disatukan oleh cinta, tapi oleh kesadaran dan luka.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 13 Agustus 2019.

 
;