Senin, 20 April 2020

Ngemeng Internet

Baru tahu kalau situs MindTalk sekarang sudah tidak ada. Padahal dulu eksis banget, dan saingan sama Kaskus.

Pindai (pindai.dotcom) juga situs bagus Indonesia yang kini nasibnya seperti koma. Aku mau baca artikel-artikel lama mereka juga ternyata sudah tidak ada, entah kenapa dan entah ke mana.

Dengar-dengar Geotimes mau gabung dengan IDNTimes. Tapi sampai sekarang kok belum jelas realisasinya?

Selain MindTalk, dulu juga ada forum IG Community (kalau aku tak salah ingat) yang sekarang juga sudah tidak ada. Padahal dulu juga ramai.

Forum lain yang dulu sangat populer adalah indonesiaindonesia.dotcom (biasa disebut ii). Sampai sekarang masih ada, tapi sudah sepi. Padahal, dibanding Kaskus, ii lebih rapi. Sekadar FYI, dulu aku juga sering ngoceh di sana.

Omong-omong soal Kaskus, pengguna Kaskus tuh kalau nge-post suka lebay. Pakai aneka ornamen, dari hiasan semacam list kayak lukisan, sampai kaligrafi! Ya gak salah, sih, cuma akibatnya melelahkan mata pembaca.

Hal lain yang juga "menjengkelkan" dari Kaskus adalah kebiasaan menggunakan spoiler dalam artikel. Dari dulu aku bertanya-tanya, apa manfaat penggunaan spoiler semacam itu, selain hanya melelahkan pembaca karena harus terus klik dan klik untuk membuka spoiler?

Era kejayaan forum kini sepertinya sudah selesai. Kaskus sudah mulai runtuh, Forum Detik sudah ditinggalkan, ii sudah koma, bahkan Yahoo! Answer pun kini tak lagi menarik. Sementara puluhan forum lain sekarang sudah mati.

Satu-satunya forum yang sampai kini masih eksis mungkin Quora. Tapi mereka pun sudah mengantisipasi kemungkinan buruk, hingga sampai membayar para pengguna. Oh, ya, kita bisa mendapat jutaan per bulan dari Quora kalau tahu caranya.

Omong-omong, sejak Beritagar berubah jadi Lokadata, aku merasa kehilangan.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 12 Desember 2019.

 
;