Jumat, 10 Juli 2020

Kekhawatiranku Kini Terbukti

Barusan ngobrol sama teman di telepon. Dia tanya dengan heran, "Kamu benar takut tertular corona?"

Dengan serius, aku menjawab, "Kalau kamu tidak takut tertular corona, artinya kamu tidak tahu apa-apa! Kamu pikir corona cuma 'flu ringan' seperti yang kamu baca di berita-berita?"

Kau tertular corona, masuk rumah sakit dan diisolasi sambil memperkuat imunitas tubuh, lalu corona hilang sendiri? Kalau masih mengira atau berpikir seperti itu, kau perlu belajar lebih banyak! Tanpa bermaksud menakuti, wabah ini tidak seringan yang mungkin dipikir orang-orang.

Yang paling kurisaukan sebenarnya bukan tertularnya, tapi dampak yang ditimbulkannya. Tertular corona mungkin tidak menimbulkan kesakitan (secara fisik), tapi bagaimana dengan dampak yang ditimbulkannya? Tidak tahu soal ini, membuktikan bahwa kita perlu belajar lebih banyak.

Ada banyak hal yang ingin kuocehkan soal ini, sebenarnya, tapi mungkin waktunya belum tepat. Yang bisa kukatakan sekarang hanyalah, jangan anggap remeh wabah ini. Kau tidak tahu apa yang sekarang kauhadapi, dan satu-satunya cara aman yang bisa dilakukan hanyalah HATI-HATI.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 22 Maret 2020.

 
;