Rabu, 10 Januari 2024

Memilih Menjadi Bocah

Para ilmuwan menyatakan, alam raya dan seisinya terbentuk karena hukum-hukum fisika. Aku tidak berani membantah, karena nyatanya memang benar. Tetapi, sebagai bocah, aku bertanya-tanya, apa atau siapakah yang menciptakan hukum fisika, hingga terbentuk alam raya dan seisinya?

Atau, mari ubah pertanyaannya dengan kalimat lebih netral; bagaimana hukum fisika bisa tercipta, hingga terbentuk alam raya?

Para ilmuwan menyatakan, makhluk hidup—termasuk manusia—tercipta dan berkembang karena evolusi. Aku tidak berani membantah, karena nyatanya memang begitu. Tetapi, sebagai bocah, aku bertanya-tanya, apa atau siapakah yang menciptakan evolusi, hingga muncul makhluk hidup?

Atau, mari ubah pertanyaannya dengan kalimat lebih netral; bagaimana evolusi bisa terjadi, hingga tercipta kehidupan?

Meyakini sesuatu dengan keyakinan bulat-bulat tentu sangat mudah, dan itulah kenapa miliaran orang melakukannya. Tapi memahami dan meyakini sesuatu berdasarkan pembelajaran dan pencarian dan kegelisahan... itu tidak mudah, dan karena itulah aku memilih menjadi bocah.

 
;