Senin, 01 Januari 2024

Pertukaran

Hidup kita, sering kali, merupakan pertukaran antara yang kita sukai dengan sesuatu yang lebih penting. Karena rata-rata kita tidak bisa mendapatkan semuanya. Ada hal-hal yang kita sukai, tapi terpaksa harus ditinggalkan, demi sesuatu yang lebih penting. Misalnya agar tetap hidup, dan sehat.

Sejak kena GERD, misalnya, ada banyak hal yang harus kutinggalkan, padahal semula kusukai. Di antaranya cokelat. Itu berat sekali. Dulu, di rumahku selalu ada stok batangan cokelat, juga bubuk cokelat untuk bikin minuman. Sekarang harus kutinggalkan. Kini tidak ada lagi cokelat.

Itu contoh sederhana, bagaimana kita kadang harus menukar sesuatu [yang kita sukai] demi sesuatu yang lain [yang lebih penting]. Sejujurnya aku tidak tahu apakah itu pertukaran yang adil... tapi hidup adalah soal pilihan. Aku bisa memilih, tentu saja, dan aku menjatuhkan pilihan.

Aku bisa memilih untuk terus menikmati cokelat yang kusukai, dan bermasalah dengan GERD... atau memilih berhenti mengonsumsi cokelat demi bisa melanjutkan hidup dengan nyaman dan sehat. Aku memilih yang kedua. Tidak ada cokelat, yang penting ada putih-putih. Appeuuuhh...

Putih-putih itu maksudnya air putih.

 
;