Minggu, 20 Februari 2011

Kepada Erasmus



(1)
Berjalanlah dengan ilmu pengetahuan,
dan kau tidak akan melangkah sendirian.

(2)
Kalau kau sependapat denganku, kau sahabatku.
Kalau kau berbeda denganku, kau saudaraku.

(3)
Aku senang bisa tertawa riang bersamamu,
tapi aku pun bahagia bisa menangis denganmu.

(4)
Yang kaukatakan mungkin tidak sesuai denganku,
tetapi yakinlah bahwa aku mendengarkanmu.

(5)
Jika aku benar, ikutilah aku dengan ketulusanmu,
jika aku keliru, tegurlah aku dengan kearifanmu.

(6)
Kita tidak bisa mengklaim kebenaran sebagai hak milik eksklusif,
karena kau dan aku tahu bahwa kita berada di tempat yang relatif.

(7)
Berjalanlah denganku, dan mari kita bergandengan tangan.
Bacalah hatiku, tetapi lakukanlah dengan akal dan pikiran.

(8)
Sekarang aku melepas kepergianmu,
tapi keberadaanmu ada di sisiku selalu.

(9)
Semoga kita bisa menjadi orang asing yang lebih baik.
Selamat jalan, semoga hati sampai pada tujuan.


 
;