Senin, 01 Januari 2018

Bocah yang Bicara pada Semut

Seorang bocah merundukkan tubuhnya, dan mendekatkan wajah pada sesuatu di tanah. Setelah itu, dia terdengar mengatakan, “Yokan yokan tapi goblok. Asu!”

Penasaran, saya pun mendekat ke tempatnya, lalu berjongkok di dekatnya. “Apa yang kaulakukan?”

Bocah itu menengok ke arah saya, dan menjawab, “Aku sedang bicara pada semut.”

“Bicara pada semut?”

“Yeah, bicara pada semut,” ujarnya sambil menunjukkan lubang semut di depannya. Setelah itu, dia menjelaskan, “Di lubang ini pasti banyak semut. Jadi, aku bicara dari sini, dan berharap suaraku terdengar di kedalaman sana.”

Saya manggut-manggut. “Sepertinya menyenangkan.”

“Kau mau mencoba?”

Saya mengangguk.

Bocah itu bangkit dari tanah, lalu saya menggantikan tempatnya. Dia berjongkok di tempat saya tadi berjongkok. Saya merundukkan tubuh di tanah, mendekatkan muka ke lubang semut, lalu berkata, “Yokan yokan tapi goblok. Asu!”

Bocah di dekat saya tertawa cekikikan, seperti menemukan teman yang bisa diajak melakukan hal-hal tolol yang menyenangkan.

 
;