Minggu, 05 Agustus 2018

Noffret’s Note: Severus Snape

Siapakah tokoh terbaik dalam kisah Harry Potter? Menurutku, Severus Snape. Dia orang baik yang "terbaik"; orang baik yang tidak ingin diketahui sebagai orang baik. Snape, dengan tingkahnya yang menyebalkan, memberitahu kita, "Jangan menghakimi orang lain karena penampilannya."

Ketika Dumbledore bersepakat dengan Snape tentang cara mengalahkan Voldemort, yang dalam hal itu Snape harus membunuh Dumbledore, dia berkata, "Dengan satu syarat, Dumbledore, jangan pernah katakan ini pada orang lain." Dia melakukan sesuatu yang mulia, tanpa orang lain tahu.

Kalimat percakapan itu sebenarnya kurang lengkap. Selengkapnya, Severus Snape berkata, "Dengan satu syarat, Dumbledore, jangan pernah katakan ini pada orang lain." Dan Albus Dumbledore menyahut, "Bahwa aku tidak akan pernah mengungkapkan sisi terbaik dirimu, Severus?"

Sepanjang kisah Harry Potter, dari awal sampai menjelang akhir, jutaan orang di dunia menganggap Snape sebagai orang jahat, dan membencinya. Sampai kemudian kita mendapati siapa dia sebenarnya, dan menyadari dia sosok yang mulia. "Don't judge a death eater by its dark mark."

Semua tokoh dalam kisah Harry Potter memang sangat menakjubkan, bahkan tokoh yang bisa dibilang tidak penting sekali pun. Dan semua itu dirangkum dalam wasiat Dumbledore kepada Harry Potter, "Pada akhirnya, pilihan kitalah yang menentukan siapa sebenarnya kita, Harry."


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 12 Juni 2018.

 
;