Rabu, 02 Maret 2011

Buku, Novel, dan… Hei!



Sori, guys, di bulan kemarin tidak ada tanya jawab soal buku, karena saya lupa, hehe… Oke, sebagai “penebus dosa”, mungkin akan ada beberapa post tanya jawab seputar buku di bulan ini (kalau saya tidak lupa lagi!)—dan berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sudah antri. Enjoy!

***

Da’, ini nyambung pertanyaan saya yang dulu, soal buku “The Journey” yang kamu tulis itu. Saya sudah menemukan buku tersebut di perpustakaan. Nah, waktu saya membacanya, ada teman yang bilang bahwa “The Journey” memiliki buku lanjutan—tapi dia lupa apa judul pastinya.

Nah, apakah benar ada buku lanjutan untuk “The Journey”? Jika benar, apa judulnya? Apakah “The Journey” dan buku lanjutannya tersebut masih tersedia di toko buku? Soalnya saya tidak puas kalau hanya meminjam di perpus, saya ingin memilikinya sendiri.

Temanmu tidak sepenuhnya keliru, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Setelah menulis “The Journey”, saya menulis buku lain, berjudul “The Journey Within”. Tetapi “The Journey Within” bukan sambungan atau lanjutan “The Journey”. Itu dua buku yang terpisah, meski memiliki kemiripan judul dan sub judul. Jika sub judul “The Journey” adalah “Perjalanan dari Barat ke Timur”, maka sub judul “The Journey Within” adalah “Perjalanan Memasuki Diri”.

Jika “The Journey” bersifat intelektual, “The Journey Within” lebih bersifat spiritual. Hanya saja, karena terbitnya dua buku itu saling beriringan dan memiliki judul yang mirip, banyak orang mengira kalau “The Journey Within” adalah lanjutan “The Journey”.

Kedua buku di atas sama-sama diterbitkan Soul Institute. Pada saat sekarang sudah sangat sulit untuk menemukannya di toko buku, karena kedua buku itu sudah terbit lima tahun lalu. Selain itu, buku-buku saya yang diterbitkan Soul Institute lebih ditujukan untuk pengembangan keilmuan, jadi penyebarannya lebih dikonsentrasikan pada kampus-kampus dan lembaga-lembaga keilmuan, sedang yang masuk ke toko buku (untuk tujuan komersial) hanya sekitar 30 persennya.

Penjelasan ini juga saya tujukan kepada teman-teman lain yang menanyakan perihal sulitnya menemukan beberapa judul buku saya. Semoga di masa mendatang Soul Institute juga mempertimbangkan untuk menyebarkan buku-buku terbitannya secara komersial, sehingga buku-buku terbitan mereka juga dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko buku. (Semoga saja ada orang SI yang membaca post ini :)).


Selain menulis buku nonfiksi, kamu kan juga menulis novel. Nah, kalau bisa, kamu membahas tentang penulisan novel juga dong. Misal bagaimana membangun struktur kisah dalam novel, bagaimana menciptakan tokoh dan karakter, dan hal-hal lain seputar novel. Karena, kalau saya lihat, selama ini kamu lebih fokus pada pembahasan penulisan nonfiksi.

Wong pembahasan tentang menulis nonfiksi saja kelihatannya tidak fokus ya. Dulu, sebenarnya, saya ingin post tentang menulis tuh benar-benar urut, dalam arti mulai dari awal, lalu beranjak perlahan ke topik-topik yang semakin penting dalam proses penulisan, sehingga post-post itu lebih mudah dipelajari—bukannya acak seperti sekarang.

Mengenai pembahasan tentang penulisan novel, ini juga banyak diminta teman-teman lain. Nanti saya usahakan. Kalau pun nanti kita mulai membicarakan tentang penulisan novel, saya ingin kali ini benar-benar fokus dan urut—dan tidak acak lagi. Kalau bisa, saya ingin selama satu bulan kita hanya membahas tentang penulisan novel seutuhnya, biar post-post dalam satu bulan itu benar-benar “Novel Edition”, hehe…


Da’, saya dapat info dari teman di milis, katanya bukumu yang berasal dari blog ini akan segera terbit ya? Hei, kasih tahu judulnya, dunk!

Yup! Buku yang merupakan adaptasi blog ini akan segera terbit dalam waktu dekat ini. Dan karena tanggal terbitnya tidak lama lagi, biar saya bocorkan saja. Judul bukunya Inner Wisdom. Ayo siap-siap menyerbu toko buku! :D


 
;