Jumat, 20 Juli 2018

Fakta di Balik Utang

Jika ingin tahu siapa sebenarnya Sri Mulyani,
tanyakan pada Kwik Kian Gie atau Rizal Ramli.
Dua orang itu saksi mata yang masih hidup.
@noffret, 14 Juni 2017

Tweet itu kutulis pada 14 Juni tahun kemarin. So, apakah Sri Mulyani
akan berani menerima tantangan debat Rizal Ramli? Kemungkinan besar tidak! Dan, omong-omong, Presiden Jokowi benar-benar cerdik, karena membiarkan keributan di kandang singa, sementara tangannya tetap bersih.
@noffret, 8 Mei 2018


Secara pribadi, Presiden Jokowi mungkin tidak ingin menambah utang negara. Tapi, kau tahu, masuk politik artinya masuk ke dalam konflik kepentingan, dan itulah yang terjadi.

Kenyataannya, utang RI memang sudah mencapai 4.000 triliun (sebenarnya, 4.800 triliun). Tak peduli siapa pun yang ngomong, realitasnya memang Indonesia punya utang sebanyak itu. Kemaruk kok sama utang!

Andaikan aku punya 10 media (saja) yang dapat mempengaruhi opini dan pikiran massa, aku bisa memuliakan atau menghancurkan siapa pun yang kuinginkan. Percaya atau tidak, kita sedang hidup dalam "permainan" semacam itu.

Di dunia ini, ada orang-orang yang pekerjaannya sangat "enak". Mereka dibayar mahal untuk berkeliling dunia hanya untuk mengumpulkan informasi dari setiap sudut bumi. Siapa yang membayar? Media, korporasi, shadow company, sebut apa pun.

Sampai kapan pun, utang negara-negara di dunia (termasuk Indonesia, tentu saja) tidak akan pernah lunas. Mengapa bisa begitu?

Ini jawabannya » http://bit.ly/2hpek37


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 13 Maret 2018.

 
;