Sabtu, 16 Maret 2019

Noffret’s Note: Ratna Sarumpaet

Lagi gatel.

Ratna Sarumpaet sudah mengakui dia berbohong. Media-media sudah mengklarifikasi berita mereka. Dan orang-orang yang dianggap menyebar hoax sudah dipolisikan. So, apakah kasus ini sudah selesai?

BELUM!

Ada yang sangat aneh dan membingungkan, atau tidak match, terkait kasus itu.

Umpama film, kisah kebohongan Ratna Sarumpaet seperti film buruk dengan tokoh yang tidak meyakinkan, adegan yang membingungkan, dan plot-hole sangat besar yang membuat penonton yang kritis akan bertanya-tanya karena kebingungan.

Berdasarkan pengakuan Ratna Sarumpaet, dia terpaksa berbohong karena ditanya anaknya, terkait mukanya yang "lebam". Karena kebingungan, dia pun berbohong dan mengatakan habis dianiaya orang.

Patut ditanyakan, anaknya yang mana yang menanyakan hal itu, hingga dia berbohong?

Karena, berdasarkan bukti temuan polisi, anaknya ikut membiayai operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet, dengan bukti adanya transfer dari rekening si anak ke rumah sakit tempat Ratna Sarumpaet melakukan operasi. Artinya, si anak tahu ibunya melakukan operasi plastik.

Tapi bukan itu yang terpenting.

Yang terpenting adalah... bagaimana pengakuan (kebohongan) Ratna Sarumpaet kepada anaknya itu bisa "terdengar" ke orang-orang secara luas, hingga mereka sama-sama kompak "tahu" kalau Ratna Sarumpaet dianiaya?

Benar, jawabannya karena ADA FOTO.

Sekarang bagian yang paling penting terkait kasus ini. BAGAIMANA FOTO-FOTO ITU BISA BEREDAR?

Foto-foto itu bukan jenis foto yang ingin kita pamerkan ke orang lain, khususnya kalau kita mengingat watak Ratna Sarumpaet yang sangat keras. Jadi, BAGAIMANA FOTO-FOTO ITU BISA BEREDAR?

Di satu sisi, Ratna Sarumpaet sampai terpaksa berbohong pada anaknya, karena malu jika mengaku melakukan operasi plastik.

Di sisi lain, dia mengizinkan seseorang (entah siapa) mempublikasikan foto-fotonya saat sedang dalam perawatan terkait operasi plastik.

Bisa memahami plot-hole ini?

Tampaknya, polisi tidak cukup menangkap Ratna Sarumpaet. Mereka juga harus mencari dan menangkap ORANG YANG PERTAMA KALI MENYEBARKAN FOTO HOAX terkait Ratna Sarumpaet. Karena orang itulah awal hoax muncul, hingga termakan orang-orang lain yang tak tahu.

Post Script:

Sebenarnya, kasus hoax ini membingungkan, justru karena tokoh utamanya Ratna Sarumpaet. Tanpa bermaksud berlebihan, dia "wanita baja" dalam arti sesungguhnya. Kalau kau melihat dia di era '90-an, kau akan tahu maksudku. Karenanya, kasus ini aneh sekaligus absurd.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 3 Oktober 2018.

 
;