Jumat, 01 November 2019

Seharusnya Dunia Tidak Punya Hari Libur

Aku benci hari libur! Jalanan macet di mana-mana, urusan tersendat, pekerjaan terhambat, dan aku harus membuang waktu sia-sia di jalan. Seharusnya dunia tidak punya hari libur!

....
....

Sambil nunggu perut kembali nyaman setelah makan, aku mau ngoceh melanjutkan kejengkelan tadi pagi.

Sudah bertahun-tahun aku bekerja tanpa hari libur, tanpa cuti, apalagi liburan panjang. Rata-rata, aku bekerja 14 jam setiap hari. Dan aku tidak pernah mengeluhkan pekerjaanku, atau mengimpi-impikan datangnya liburan. Kalian bisa scroll TL-ku, dan tidak akan ada hal semacam itu.

Padahal, kalau mau, aku bisa libur kapan pun, cuti kapan pun, bahkan liburan sepanjang apa pun, wong aku bekerja di rumah sendiri dan menjadi majikan bagi diriku sendiri. Tapi aku lebih senang bekerja, melakukan sesuatu yang positif dan produktif, setidaknya bagi diriku sendiri.

Orang-orang mungkin menyebutku gila kerja, tapi aku menyebutnya mencintai kerja. Orang yang gila kerja (workaholic) tidak bisa meninggalkan pekerjaan dengan nyaman—tapi aku bisa!

Aku bisa meninggalkan pekerjaanku kapan pun dengan hati nyaman, asal ada sesuatu yang lebih menarik!

Apakah aku pernah meninggalkan pekerjaanku?

Sering!

Orang-orang menghubungiku, menawari sesuatu yang sangat menarik, dan aku pun meninggalkan sarangku yang nyaman, pergi ke tempat jauh, dan melepaskan tumpukan pekerjaan dengan hati ringan. No problem, karena begitulah hidup.

Kalau kau sekadar ingin bertemu denganku, aku tidak akan punya waktu—karena waktuku sudah habis untuk bekerja! Agar aku mau meninggalkan pekerjaan serta sarangku yang nyaman, kau harus memberiku alasan masuk akal. Karena aku tidak akan membuang-buang waktu untuk kesia-siaan.

Sebagian orang mungkin ingin ngemeng, "Ah, artis anu aja mudah ditemui, kok."

AKU BUKAN ARTIS!

Aku tidak butuh popularitas atau publisitas. Aku menjalani hidup dalam kesunyian, menikmati kesendirian, dan memang tidak ingin bertemu siapa pun, apalagi yang tidak/belum kukenal.

Well, sekarang aku mau kembali bekerja, dan persetan dengan dunia.


*) Ditranskrip dari timeline @noffret, 14 April 2019.

 
;