Selasa, 02 November 2010

Rekomendasi Buku



Sori, post tanya-jawab soal buku kali ini hanya memuat tiga pertanyaan, karena jawaban untuk masing-masing pertanyaan ini cukup panjang. Kalau di post ini pertanyaanmu tetap belum muncul, silakan tunggu di post yang akan datang. Saya janji, sebelum kiamat, pertanyaanmu sudah muncul di blog ini. :D

***

Hai, Hoeda. Saya sudah membaca bukumu (Rahasia Perempuan) yang diterbitkan Tugu Publisher, dari jilid 1 sampai jilid 3. Apakah buku itu memang hanya tiga jilid, ataukah ada jilid ke-4 dan seterusnya? Kalau ada jilid lanjutannya, saya juga ingin membaca dan mengoleksinya.

PS:
Kenapa kamu nggak membuat blog seperti ini sejak dulu-dulu? *geleng-geleng kepala menyayangkan*.

Thanks sudah baca buku saya. ‘Rahasia Perempuan’ memang hanya tiga jilid. Kalau mau menuruti keinginan saya sih, sebenarnya saya ingin buku itu sampai seratus jilid. Hehehe…

PS:
Yeah, terlambat kan lebih baik daripada tidak sama sekali. *manggut-manggut sok bijak*


Sekitar tiga bulan yang lalu, saya baca posting di blog ini kalau isi blog ini akan dibukukan ya? Kapan kira-kira bukunya akan terbit? Apakah isi buku itu mencakup seluruh post di blog ini? Terus, apa dong judul bukunya? *Udah nggak sabar*.

Benar, blog ini akan dibukukan, sebagaimana yang sudah saya tuliskan dalam post yang kamu baca itu. Soal kapan terbitnya, saya belum bisa menjanjikan. Kabar terakhir yang saya dapat dari Elex Media Komputindo (penerbit yang akan menerbitkan buku tersebut) menyebutkan kalau mereka sedang berupaya melengkapi isi bukunya dengan ilustrasi, agar makin asyik dinikmati.

Mengenai isi buku tersebut, tentu saja tidak mencakup semua post yang ada di sini. Hanya satu label yang akan dibukukan, yaitu label Kontemplasi—itu pun saya seleksi dan saya pilih yang sesuai, agar nantinya dapat menjadi sebuah buku yang utuh saat dibaca dan dipelajari.

Selain itu, agar proses penerbitannya menjadi buku benar-benar “matang”, saya bahkan menulis ulang post-post tersebut, agar beda dengan yang tertampil di blog. Mengenai judulnya, saya belum bisa menyebutkannya. Yang jelas, judul buku itu dijamin “kita banget”. Doakan saja semoga segera terbit ya.


Da’, usul ya. Kalau bisa, setiap bulan kamu kasih rekomendasi buku yang layak dibaca dong, biar para pecinta buku punya gambaran buku apa saja yang sekiranya perlu diburu. Saya yakin usul ini bakal didukung teman-teman yang lain. Kami pasti percaya dengan rekomendasimu.

Dulu, sebenarnya saya memang ingin seperti itu—memberikan catatan rekomendasi mengenai suatu buku dalam setiap bulan di blog ini. Hanya saja, kemudian saya berpikir, apa yang bagus menurut saya belum tentu bagus untuk orang lain, karena ini sangat menyangkut selera. Di samping selera, skala penilaian “bagus” dan “tidak bagus” pun sangat relatif.

Karenanya, saya pun kemudian memilih untuk tidak memberikan rekomendasi apa-apa seputar buku—meski dulu pernah melakukannya.

Jadi, jika saya tidak merekomendasikan buku tertentu di blog ini, hal itu lebih bertujuan agar tidak ada orang yang “kecewa” dengan rekomendasi itu. Karena bisa jadi, buku yang saya anggap bagus dan hebat ternyata malah dianggap mengecewakan oleh pembaca lain. Sekali lagi, ini soal selera dan penilaian yang sangat relatif.

Well, kalau memang teman-teman ingin ada rekomendasi buku di blog ini, mungkin nanti bentuknya bukan rekomendasi, tetapi sekadar pengalaman saya dalam membaca suatu buku tertentu. Karena sifatnya pengalaman, setidaknya saya akan lebih nyaman saat menuliskannya. Kalau pun ternyata buku yang menurut saya asyik ternyata dianggap buruk oleh orang lain… yeah, namanya juga pengalaman!

Anyway, kalau kalian ingin mendapat rekomendasi buku-buku apa yang wajib dibaca, saya sangat merekomendasikan buku-buku yang sampulnya ada di side bar blog ini. Hehe…


 
;