Senin, 06 Juni 2011

Siapa Bilang Kita Miskin?



Paul Getty, raja minyak paling kaya di dunia pada masa lalu, pernah menyatakan bahwa siapa pun yang dapat mengukur kekayaannya, maka ia tidaklah kaya! Dan memang, saat meninggal dunia, Paul Getty meninggalkan warisan lebih dari empat milyar dolar. Sebuah jumlah yang bukan hanya sulit dihitung, tetapi juga sangat fantastis, untuk ukuran waktu itu.

Tetapi, kekayaan juga tidak bisa diukur dengan uang semata. Ada hal-hal lain yang kita miliki yang nilainya bahkan tak ternilai lagi dibanding sekadar uang. Kita memiliki panca indra yang sempurna; sepasang mata, sepasang telinga, lidah dan sepasang deret gigi, hidung untuk mencium dengan bentuknya yang baik dan tepat di wajah kita, sepasang tangan, sepasang kaki, dan otak untuk berpikir, serta hati untuk merasakan.

Deretan ‘harta kekayaan’ yang kita miliki, yang barusan terdaftar itu hanyalah sebagian kecil dari harta kekayaan kita yang lain, yang jumlahnya sudah tak bisa lagi dihitung dengan jari ataupun kalkulator paling modern sekalipun! Kalau semua itu diuangkan, saya yakin jumlah uangnya akan lebih besar dari jumlah uang yang dimiliki Paul Getty atau milyuner mana pun.

Dan kalau Paul Getty menyatakan bahwa orang yang bisa menghitung harta kekayaannya maka ia belumlah kaya, maka berarti kita sungguh kaya-raya! Kita memiliki harta yang tak bisa dinilai lagi dengan uang yang berapa pun banyaknya!


 
;