Senin, 08 Agustus 2011

The Key

Dalam hidup, ada persoalan yang ringan, ada pula persoalan yang berat. Sering kali, yang menjadikan ringan atau beratnya persoalan itu bukan semata-mata persoalannya, tapi juga dari cara kita memandangnya. Jika kita berpikir suatu masalah dapat diatasi, maka begitulah yang terjadi. Sebagaimana jika kita berpikir bahwa itu masalah yang terkunci, maka itu pulalah yang biasanya terjadi.

Masalah dalam hidup pun bisa diibaratkan pintu yang terkunci, dan kadang kuncinya hilang hingga membuat kita kebingungan. Untuk dapat membukanya, kita membutuhkan kunci serep atau kunci cadangan. Jika kunci cadangan juga tidak ada, sementara kita butuh membuka pintu itu, maka kita pun biasanya memanggil tukang kunci.

Pernah melihat seorang ahli kunci bekerja? Ia dihadapkan pada sebuah kunci yang tak dapat dibuka karena anak kuncinya hilang entah kemana. Si ahli kunci datang dengan tanpa mengetahui anak kunci macam apa yang telah hilang itu. Tetapi ia akan melihat dan memperhatikan kunci yang tak bisa dibuka itu, mengamatinya sejenak, dan kemudian mulai mengambil beberapa anak kunci yang telah dipersiapkannya.

Beberapa kali dicoba namun tak juga dapat membukanya, lalu si ahli kunci ini melakukan sesuatu atas anak kuncinya. Ia mengikirnya pada beberapa bagian tertentu dari anak kuncinya, mencobanya lagi, menyempurnakannya lagi, dan kemudian... kunci itu pun dapat terbuka!

Begitulah cara mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita harus melihat terlebih dulu apa yang sesungguhnya kita inginkan, mengamatinya secara benar, lalu mencoba mencari langkah untuk sampai ke sana. Pada beberapa percobaan ke arah sana mungkin tak akan langsung berhasil, kadang menemui beberapa kegagalan, tapi jangan patah semangat. Sempurnakan langkah-langkah itu, dan mulai melaju lagi, sempurnakan lagi dan melaju lagi, sampai tujuan benar-benar tercapai.

Kalau kita meminta hampir segalanya di dunia dengan cara yang tepat dengan cukup keyakinan dan kesungguhan, maka kita akan memperolehnya. Beberapa hal membutuhkan keyakinan dan kesungguhan yang lebih besar untuk mendapatkannya, namun kita selalu dapat memperolehnya... asal kita berusaha memperolehnya dengan benar.

 
;