Senin, 08 Agustus 2011

Perjalanan Proses

Orang-orang yang hidup di saat ini sudah terbiasa dimanjakan dengan segala sesuatu yang serba instan. Semuanya serba mudah, segalanya serba gampang. Orang sekarang tidak perlu menanam kopi untuk menikmati segelas kopi karena ada kopi instan. Orang sekarang tidak perlu menggiling tepung dan gandum untuk membuat mie, karena telah ada mie instan.

Karena itu pulalah ada banyak orang di zaman sekarang yang merasa asing dengan proses. Kebanyakan dari mereka ingin memperoleh banyak hal, ingin mencapai banyak tujuan, tapi mereka ingin dengan cara serba cepat, serba instan.

Meski makanan dan minuman telah dikemas dalam budaya instan, tetapi pencapaian hidup tidak ada yang instan. Itu membutuhkan proses, bahkan proses yang panjang, dari pembelajaran yang tekun sampai kerja keras siang malam. Memang mungkin orang bisa saja merebut kesuksesan yang instan, tapi kenyataan membuktikan pula bahwa segala sesuatu yang dicapai dengan cara cepat akan musnah dalam waktu yang cepat pula.

Sebagaimana jamur yang tumbuh dengan cepat saat musim hujan datang dan menghilang dengan cepat pula saat panas mulai menyengat, begitu pula kesuksesan atau apa pun yang diperoleh dengan cara instan.

Sebaliknya, pohon beringin tumbuh secara perlahan, sampai bertahun-tahun, dan dalam pertumbuhannya ia harus menghadapi kekerasan alam, panas matahari, dinginnya hujan, terpaan angin, gelegar petir dan halilintar, tetapi akhirnya ia mampu berdiri dengan kokoh dan mampu hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

Jangan pernah menghindari proses, karena proses itulah yang akan membawa kita menuju tujuan hidup jangka panjang.

 
;